Ada surga di telapak kaki ibu


Kasihnya tak lekang oleh zaman, kasih sepanjang masa.
Kuat rahimnya mengantarkan kehidupan, titipan Allah ke dunia.
Meski berjuta kata melantunmu, takkan cukup membalas pengorbanan.
"Ibu"

***

Pernah kusaksikan dengan mataku sendiri, ketika kau berjuang pertaruhkan nyawa demi membawa kehidupan bagi adik bungsuku. Saat itu aku sudah mulai mengerti karena sudah duduk di bangku SMA. 
Aku bertugas menemani adik-adik, berjaga di teras rumah sakit sedang bapak dan nenek setia menemanimu.
Suara teriakan, takbir, tahmid, dan waktu yang terus berpacu terdengar riuh rendah di dalam ruang bersalin. 

Tapi seketika sunyi senyap, kulihat beberapa perawat dan bidan berlari menuju ruang bersalin mama. Karena rasa penasaran yang tinggi aku berusaha menghampiri tetapi dilarang oleh bidan sebab aku belum menikah dan belum pernah melahirkan katanya, kuintip dari balik pintu yang setengah terbuka. Astaghfirullah mama terpejam, pingsan.

Lalu kulihat salah satu bidan memasang infus dan menyuntikkan sesuatu di dalamnya. Beberapa saat setelah itu mama kembali sadar dan langsung mengejan, diiringi teriakan sembarang, lantunan takbir, bidan dan dokter yang terus membimbing. Di bawah ranjang bersalin diletakkan ember besar yang saat itu telah penuh darah, namun darah segar mengalir tak henti hingga bercecer di lantai.

Aku melihat penuh iba dan gugup, hanya bisa mematung di tempat hingga tangis bayi melengking, menyadarkanku akan pemandangan hebat dan perjuangan luar biasa yang Allah anugerahkan tak lain bagi kita para wanita tangguh yang sanggup menahan sakit bertaruh nyawa. 
Hingga saat aku sendiri mengalaminya,  tak luput dari bayang perjuangan mama ketika itu bahkan beliau telah memberi 4 kehidupan dari rahimnya. Tangis haru bercampur syukur tak bisa terlukiskan hingga gelar "ibu" tersemat pada diriku, pada diri setiap wanita tangguh yang kasihnya sepanjang masa. 

Tak heran jika Allah beri kehormatan tertinggi bahwa "surga di telapak kaki ibu". Allahu akbar! Subhanallah 😍

#oneweekonewriting
#kamimenulis
#ibuprofesionaldepok

Comments

Popular Posts